Kaca Patri Jakarta

Kaca Patri Jakarta

Kaca Patri Jakarta

Istilah kaca patri dapat merujuk ke kaca berwarna sebagai bahan atau produk yang dihasilkan darinya. Sepanjang seribu tahun dalam sejarahnya, istilah kaca patri telah diterapkan hampir secara eksklusif untuk jendela gereja dan bangunan penting lainnya. Meskipun secara tradisional dibuat dalam panel datar dan digunakan sebagai jendela, kreasi seniman kaca patri modern juga mencakup struktur tiga dimensi dan patung.

Penggunaan bahasa modern sering memperpanjang istilah kaca patri meliputi lampu timah domestik dan benda-benda seni yang diciptakan melalui pengerjaan kaca.

Sebagai bahan kaca patri adalah kaca yang telah diwarnai dengan menambahkan garam metalik selama pembuatannya. Kaca berwarna dibuat menjadi jendela kaca patri di mana potongan-potongan kecil kaca disusun untuk membentuk pola atau gambar, yang dikerjakan bersama-sama secara tradisional dengan kepingan-kepingan timah dan ditopang oleh rangka yang kaku. Pewarna kuning dan cat detail sering digunakan untuk meningkatkan desain. Istilah kaca patri juga diterapkan pada jendela di mana warna telah dicat ke kaca dan kemudian menyatu dengan kaca dalam sebuah tungku. 

Kaca patri, sebagai seni dan kerajinan, membutuhkan keterampilan artistik untuk memahami desain yang sesuai dan bisa diterapkan, serta keterampilan teknik untuk merakit potongan. Sebuah jendela harus pas ke dalam ruang yang dibuat, harus tahan terhadap angin dan hujan, dan juga, terutama pada jendela yang lebih besar, harus menopang beratnya sendiri. Banyak jendela besar telah bertahan dalam jangka waktu lama dan tetap utuh secara substansial sejak abad pertengahan. Di Jakarta pada jaman penjajahan Belanda, jendela besar merupakan bentuk utama dari seni bergambar untuk mempertahankan hidup. Dalam konteks ini, fungsi dari sebuah jendela kaca patri adalah untuk tidak membiarkan orang-orang di dalam gedung melihat dunia luar atau bahkan untuk menerima cahaya. 

Desain jendela bisa merupakan motif simbolis, lambang tertentu, atau penggalan bacaan kitab suci.
 
Support : info@depoglassart.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Depo Glass Art - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by Aril Valentino Proudly powered by Blogger