Kaca Acrylic

Kaca Acrylic

Kaca Acrylic

Acrylic adalah istilah yang digunakan untuk produk-produk yang mengandung zat yang berasal dari asam acrylic atau senyawa terkait. Paling sering, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kaca seperti plastik yang dikenal sebagai poli (metil) metakrilat (PMMA). PMMA, juga disebut kaca acrylic, memiliki sifat yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk banyak produk yang mungkin akan terbuat dari kaca. Ada dua tipe dasar: diekstrusi dan cor.

Jenis Acrylic

Acrylic ekstrusi dibuat melalui proses di mana plastik cair didorong melalui rol, yang menekannya menjadi lembaran-lembaran karena pendinginan. Ini adalah proses yang relatif murah, tetapi lembaran yang dihasilkan lebih lembut dari acrylic cor, mudah mengalami goresan, dan mungkin mengandung kotoran. Acrylic ekstrusi umumnya masih dianggap berkualitas baik, dan biasanya lebih tersedia di pasaran.

Sel acrylic cor cenderung memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada ekstrusi, tetapi juga lebih mahal. Dalam pengecoran sel, lembaran dibuat dengan menekan plastik cair di antara cetakan, biasanya terbuat dari kaca, yang kemudian diambil melalui proses pemanasan bertahap. Lembar yang dihasilkan lebih kuat dari acrylic ekstrusi. Tipe ini sering digunakan untuk akuarium, plakat, dan produk lain yang memerlukan kaca acrylic sebagai bahan baku.

Kelebihan Acrylic

Berbagai produk terbuat dari acrylic, termasuk pintu kamar mandi, sekat kamar mandi, jendela, dan atap kaca. Acrylic berkali-kali lebih kuat dari kaca biasa, sehingga jauh lebih tahan dan lebih aman. Sebagai contoh, kaca acrylic yang jatuh dari pintu kamar mandi tidak akan hancur, dan bola baseball yang umumnya bisa memecahkan kaca jendela biasa, dalam banyak kasus, akan terpental oleh jendela acrylic.

Kaca acrylic juga sangat bening, memungkinkan 92% cahaya bisa menembusya. Kaca biasa yang sangat tebal akan memiliki warna hijau, sedangkan acrylic tetap bening. Acrylic juga lebih tahan terhadap cuaca, tetap bening selama bertahun-tahun tanpa menjadi kuning atau retak saat terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang.

Keuntungan lain dari acrylic adalah beratnya yang hanya setengah dari berat kaca biasa. Hal ini membuat bahan ini lebih mudah untuk digunakan dalam pekerjaan, dan menjadi pilihan yang lebih baik untuk proyek-proyek di mana berat bahan menjadi masalah penting. Acrylic juga dapat digergaji, sedangkan kaca biasa harus dicetak.

Hampir semua akuarium publik sekarang membangun tangki tampilan dari termoplastik ini, dan sering digunakan di gedung-gedung lainnya. Bila bahan ini tebalnya lebih dari 1 inci (sekitar 25 mm), maka ia bisa tahan peluru. Iring-iringan mobil presiden, stan kendaraan paus, bilik teller, dan sekat jendela drive-through, semuanya adalah fitur tahan peluru acrylic. Acrylic digunakan juga untuk jendela pesawat.

Pembentukan Acrylic

Sifat yang unik dari termoplastik ini adalah kemampuannya untuk dibentuk. Sel acrylic ekstrusi tidak sekuat cor, dan cenderung retak ketika sedang dikerjakan, sehingga mutu produk yang paling tinggi terbuat dari acrylic cor. Strukturnya juga dapat dibuat tanpa sambungan, sebagaimana pengelasan kimia pada tingkat molekuler benar-benar "melebur" sambungan menjadi satu bagian dari bahan padat. Sambungan yang dilas dan dipoles dengan benar tidak terlihat.

Kekurangan Acrylic dan Kesalahpahaman Tentang Acrylic

Ada beberapa kesalahpahaman tentang acrylic, yaitu bahwa acrylic itu kuning, rapuh, dan akan retak dalam jangka waktu tertentu. Meskipun ini mungkin benar untuk plastik yang murah, tapi tidak begitu dengan acrylic. Jika diurus, bahan ini dapat tetap baru selama beberapa dekade, tanpa memandang usia atau intensitas sinar matahari. Beberapa orang khawatir bahwa terlalu mudah terjadi goresan, tapi tidak seperti kaca biasa, goresan pada acrylic dapat hilang dengan digosok.

Dari segala kelebihannya, ada dua kekurangan dari acrylic: acrylic lebih mahal dari kaca biasa, dan jika terkena api langsung, acrylic akan meleleh dan akhirnya terbakar. Pembakarannya menghasilkan asap beracun, sehingga tindakan pencegahan keselamatan harus selalu diambil ketika sedang dipotong dengan alat-alat listrik atau dibengkokkan menggunakan pemanasan. Bila tidak dirawat dengan baik, atau ketika menggunakan acrylic bermutu rendah, maka bisa terjadi goresan, dan lipatan yang tidak sesuai bisa sangat terlihat.
 
Support : info@depoglassart.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Depo Glass Art - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by Aril Valentino Proudly powered by Blogger