Kaca Patri | Jual Kaca Patri, Kaca Patri Timah, Kaca Patri Kuningan, Kaca Patri Airbrush, Kaca Patri Serpong, Kaca Patri Tangerang Selatan

 1. Seni Kaca Patri

Istilah kaca patri berasal dari bahasa Inggris “stained glass” yang didefinisikan sebagai berikut:

Stained glass is glass that has been coloured by adding metallic salts during its manufacture. The coloured glass is crafted into stained glass windows in which small pieces of glass are arranged to form patterns or pictures, held together (traditionally) by strips of lead and supported by a rigid frame. Painted details and yellow stain are often used to enhance the design.

Dari definisi di atas dapat diambil suatu pengertian bahwa kaca patri atau stained glass adalah seni kaca warna yang diperoleh dengan penambahan metallic salts pada pembuatannya. Kaca berwarna tersebut kemudian dipotong dalam ukuran-ukuran tertentu kemudian disusun sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Potongan-potongan kaca tersebut kemudian diikat dengan menggunakan lempengan timah yang tipis. 

kaca patri
Kaca Patri
2. Perkembangan Seni kaca Patri

Seni kaca patri di Indonesia muncul sejak masa kolonialisme Belanda. Kala itu, seni kaca patri menjadi ornamen penting yang tak terpisahkan dari arsitektur sebuah bangunan. Mulai dari bangunan rumah ibadah, rumah tinggal, museum, hingga perkantoran, stasiun kereta api, istana raja-raja, sebagian besar melekatkan kaca patri sebagai ornamennya.

Seni kaca patri bisa dinikmati di banyak bangunan kuno yang sangat mengesankan dan masih bisa dinikmati hingga kini. Namun, setelah zaman kolonialisme Belanda berakhir di era 1930-an, seni kaca patri pun ikut punah dengan sendirinya, karena seniman kaca patri saat itu hampir semuanya adalah orang Belanda yang kembali ke negerinya. Seni kaca patri hilang dan dilupakan orang. Di Indonesia seni kaca patri mulai digandrungi lagi setelah mati selama setengah abad setelah tahun 1980an. Dibanding seni kaca patri jaman dulu, seni kaca patri sekarang ini bisa dibuat lebih berseni. Dahulu belum ada rangka seng, tembaga untuk rangka kaca patri. Hal itu menyebabkan panel kaca patri yang dibuat dari timah agak tidak kokoh dan lendut. Sedangkan sekarang, dimana rangka tembaga dan seng bisa diperoleh di pasaran (yang terbaik adalah produk Kanada, AS, dan Korea), desain seni kaca patri semakin bisa mengikuti kemauan hati serta menghasilkan kualitas panel yang amat kokoh.

3. Penempatan Kaca Patri

Mengenai penempatan ornamen kaca patri pada sebuah bangunan selain menghiasi bagian-bagian terpenting pada arsitektur tempat peribadatan, perkantoran maupun bangunan komersial, seni kaca patri juga sudah diusung masuk ke rumah tinggal bahkan istana para raja. Rumah-rumah modern sekarang ini banyak mengadopsi seni kaca patri yang memang dapat lebih mempercantik interior maupun eksteriornya. Kaca patri bisa muncul di pintu utama rumah, jendela, ruang tamu, kamar mandi, bisa berfungsi sebagai partisi atau di langit-langit rumah tinggal atau dikenal sebagai stained glass dome.

Pemilik bangunan lazimnya menempatkan kaca patri menghadap ke arah timur atau barat untuk menghias eksterior, dimana matahari terbit dan terbenam. Sinar matahari yang masuk menembus kaca patri lebih mengentalkan keindahan seni ini. Sinar yang menembus 'menari-nari' di dalam kaca, menjadi the dancing light, yang biasnya jatuh ke lantai, terpantul indah dan menawan sekali, menjadikan suasana amat damai, syahdu namun menggairahkan. Bila kaca patri ingin diletakkan di dalam ruangan, sebagai partisi misalnya, biasanya kaca patri dipantulkan pada cahaya lampu di baliknya.

4. Pembuatan Seni Kaca Patri

a. Bahan yang Digunakan

1) Kaca
Agar stained glass menghasilkan efek cahaya seperti yang diharapkan, maka tekstur kaca yang digunakan harus beragam, mulai tekstur  wavy (bergelombang), rippled (riak), pebbled (koral), smooth (licin), hammered (tempaan), dan rough (tekstur kasar).

2) Tenol
Tenol adalah lempengan timah yang digunakan untuk mengikat potongan-potongan kaca, kemudian direkatkan dengan solder.

b. Alat yang Diperlukan
Alat yang diperlukan dalam proses pengerjaan adalah: Solder untuk merekatkan lempengan timah pengikat kaca, Pemotong Kaca, Palu, Tang, Scrap, Ungkal Batu, Sikat Kuningan, Terminal, Plepet Kayu , Penggaris, Paku kecil.

c. Proses Pembuatan
Untuk menciptakan pola stained glass, pertama-tama pola harus digambar pada kertas, setelah itu dilakukan pemotongan pada kaca sesuai dengan pola. Setiap piece pada pola dipotong dari kaca dasar, disesuaikan dengan kerangka pola warnanya, tekstur, dan lain-lain. Kaca yang potongannya disesuaikan secara tepat sesuai pola dapat merefleksikan suatu karakteristik tersendiri. Potongan-potongan kaca akan disatukan dengan tenol timah dan direkatkan dengan solder.

Untuk melakukan pemesanan kaca patri, silakan hubungi kami melalui Telp. 087771141517. Atau tekan tombol ORDER pada halaman web kami.
 
Support : info@depoglassart.com | Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Depo Glass Art - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Modified by Aril Valentino Proudly powered by Blogger